Bagaimana cara setting DP account (Advance Purchase / Advance Sales)?

Pada saat kita mencatat transaksi Down Payment(Uang Muka) Pembelian atau Penjualan, akan ada Pencatatan ke Account Uang Muka(Advance Purchase/Advance Sales).

Contohnya kita buat Purchase Order, lalu klik button DownPayment (Uang Muka) di form PO, maka ACCURATE akan otomatis membuat Purchase Invoice dengan Item No -1 dengan Description “Down Payment” yang jurnal nya akan mengambil setting Account yang ada di menu Setup | Preferences | Currency Default Account, di masing-masing Currency akan ada field Advance Sales dan Advance Purchase. Account ini yang akan di gunakan, dan dilawankan dengan Account Payable(AP).

Setting DP Account

Baca Juga : Cara membuat akun DP

Begitupun untuk Uang Muka Penjualan dari form SO, Uang Muka nya mengambil setting di Currency Default Account tsb dijurnal dengan account Advance Sales lawan nya Account Receivable(AR).

Catatan :

Jadi setting GLAccount di item No. -1 Down Payment tidak dipakai, karena jurnal diambil dari setting di Setup | Preferences | Currency Default Account.

Demikian langkah-langkah cara mudah setting DP account, Jika mengalami kendala silahkan email ke support kami di support@cpssoft.com dan untuk melakukan pemesanan Accurate, Anda dapat menghubungi kami di 0812 9902 9493, semoga bermanfaat