Apabila membutuhkan penatatan saldo awal uang muka, maka di Accurate dapat Anda lakukan. Berikut ini cara menginput Saldo Awal Account Uang Muka Pembelian :
1. Buat Purchase Invoice dari Activities | Purchase | Purchase Invoice, atas vendor yang dimaksud yang ada saldo awal Uang Muka.
2. Isi Item dengan Item No. -1 Down Payment, Qty isi 1, Unit Price isi sebesar saldo awal Uang Muka, selanjutnya klik Save&Close.
3. Buat Purchase Payment atas faktur pembelian yang dibuat diatas. Activities | Purchase | Purchase Payment, pilih vendor lalu centang purchase invoice uang muka yang sudah dibuat
4. Klik kanan di baris Purchase Invoice tsb, pilih Disc Info/Write Off, isi Disc Amount sebesar Uang Muka, dan Disc Account pilih ke account Opening Balance Equity.
Catatan :
Hasil Jurnal diatas untuk Purchase Inv : Advance Purchase(D) pada A/P(K). Advance Purchase jurnal nya mengambil informasi dari Setup | Preferences | Currency Default Account, bagian Account Advance Purchase dari Currency Customer tsb.
Hasil Jurnal Purchase Payment : A/P(D) pada Opening Balance Equity(K). Jadi pada intinya jurnal nya adalah Advance Purchase(D) pada Opening Balance Equity(K).
Demikian informasi mengenai cara menginput saldo awal account uang muka pembelian, semoga bermanfaat