Apakah kamu mengalami kendala error seperti “server belum siap” pada saat membuka database dan jika kamu menggunakan aplikasi Accurate dengan bahasa inggris akan muncul “server not ready” ? Jika iya, disini kamu dapat memperbaiki dengan mudah dan kami akan memberikan cara memperbaikinya.
Contoh error : Server belum siap!
“Server belum siap“
> Tolong dipastikan apakah firebird di Server LOCALHOST dapat dijalankan di port 3051
> Komputer Anda mungkin ada di belakang firewall
> Firebird tidak dijalankan di port 3051
Berikut hal yang membuat terjadinya error :
- Firebird tidak running
- Jaringan (Network client ke Server)
- Windows Firewall dan Defender aktif
a. Firebird Tidak Running
Firebird merupakan sebuah sistem management yang berbasis data untk open source database yang perkembangannya oleh firebird foundation. Juga dapat berfungsi untuk membuka database di aplikasi Accurate dan berikut cara untuk cek firebird dapat dilihat dari “Service Windows” :
1. Buka file dari windows kamu klik Control Panel | Administrative Tools | Services, cari Firebird / Firebird 2.5.
2. Dapat juga langsung search “services pada windows” seperti gambar dibawah ini.
3. Pastikan Firebird 2.5 server di Services windows kamu dalam keadaan Started/aktif. Jika tidak aktif silahkan klik Start the service untuk mengaktifkannya, seperti ini.
b. Jaringan ( Network Client ke Server ) terjadi ganggunan
Jika Firebird sudah aktif di komputer Server dari services windows, kamu dapat cek kembali jaringan WIFI atau LAN, sebagai contoh dibawah ini :
1. Bisa membuka database di komuter server, namun tidak dapat membuka dari komputer client.
Pastikan saat buka database Accurate dari Remote/Internet menggunakan IP Address yang sudah benar.
Cara melihat ip address dari komputer server :
silahkan cari cmd dari komputer windows, ketik ipconfig lalu Enter. Maka akan terlihat ip address di komputer server seperti contoh ip : 192.168.100.199.
jika Ip Address sudah tepat, selanjutnya cek berkas database disimpan untuk diakses dari clietn, sebagai contoh :
C:\Program Files\CPSSoft\ACCURATE5 Enterprise\SAMPLE\SAMPLE.GDB
2. Server dan client dapat membuka database, namun ada beberapa client tidak bisa membuka.
Jika salah satu client muncul error “Server belum siap“. Silahkan cek ping dari komputer client ke Server. Kamu dapat membuka CMD (command prompt) dari komputer client dengan contoh : mengketik ping ipaddress server “ping 192.168.1.10” lalu enter, pastikan konfirmasinya adalah Reply. Jika tidak terhubung maka akan muncul konfirmasi “Request Time Out” dan kemungkinan jika tidak terhubung pastikan cek jaringan wifi atau cek kabel LAN.
3. Komputer server dan client tidak dapat membukan database.
Jika terjadi “Server belum siap” di semua komputer Accurate, kamu dapat menonaktifkan atau menghapus anti virus yang ada. Namun sebelum itu kamu dapat setting di komputer server untuk port yang mendukung akses database Accurate yaitu port 3051 dan 3052. Maka dapat ikuti cara mudah setting port disini baca selengkapnya.
c. Menonaktfikan windows firewall dan defender di semua komputer
Silahkan kamu nonaktifkan firewall dan windows defender disemua komputer agar tidak memblok Accurate. Berikut ini contoh gambar yang sudah di nonaktifkan di windows 10 :
Demikian cara memperbaiki akses database Accurate dengan status error “Server belum siap“, semoga bermanfaat