Pengaturan Tiktok di Accurate Online
Untuk dapat melakukan impor transaksi toko online seperti : TIKTOK ke database Accurate. Anda perlu melakukan pengaturan tiktok di Accurate Online dengan mengikuti penjelasan dibawah ini.
Fitur Smartlink e-commerce memiliki 3 tab informasi untuk pengaturan tiktok di Accurate Online:
1. UMUM
- Nama Toko: Pilihlah nama untuk e-Commerce Anda di TikTok dan masukkan nama toko Anda pada kolom yang disediakan.
- Penjualan atas Cabang: Masukkan nama cabang yang sesuai dengan transaksi. Jika Anda menggunakan fitur Multi Cabang, Anda dapat mengimpor penjualan dari TikTok sesuai dengan cabang tempat transaksi itu dilakukan.
- Penjualan atas Departemen: Isilah nama departemen yang sesuai jika Anda ingin memisahkan penjualan berdasarkan e-Commerce. Anda juga bisa membiarkannya kosong jika tidak memerlukan pemisahan ini.
- Pembayaran Penjualan: Accurate Online memberikan dua opsi untuk pembuatan transaksi pembayaran penjualan:
- Langsung Terbayar: Jika memilih opsi ini, transaksi pembayaran penjualan akan otomatis dibuat saat data penjualan diimpor dari TikTok.
- Belum Terbayar (Bayar dengan Impor Settlement): Dalam opsi ini, data penjualan yang diimpor ke Accurate Online tidak langsung membuat transaksi pembayaran. Anda perlu melakukan Impor Settlement untuk menyelesaikan transaksi penjualan tersebut sesuai panduan yang ada di sini. Selain itu, jika memilih opsi ini, Anda juga harus mengisi akun penampung untuk Beban Kelebihan/Kekurangan Ongkir serta Biaya Layanan dan Tambahan Platform yang sesuai.
- Kas/Bank Saldo e-Commerce: Masukkan akun kas/bank yang akan menampung saldo penerimaan dari e-Commerce. Jika Anda tidak mengisi pilihan ini, Accurate Online akan secara otomatis membuatkan akun baru dengan tipe kas/bank.
- Penjualan Kena PPN: Jika harga jual barang atau jasa Anda di TikTok sudah termasuk PPN, silakan centang pilihan “Ya, nilai penjualan sudah termasuk nilai PPN. ” Jangan centang jika sebaliknya.
- Impor Penjualan Berstatus: Terdapat dua pilihan untuk transaksi penjualan yang akan diimpor ke database Accurate Online, yaitu ‘Selesai’ atau ‘Semua Status. ’ Jika Anda memilih ‘Selesai,’ hanya transaksi penjualan yang statusnya selesai di TikTok saja yang akan diimpor. Sementara itu, jika memilih ‘Semua Status,’ semua transaksi (baik yang dalam proses/pengiriman maupun yang selesai) akan diimpor ke database Accurate Online. Dalam hal ini, semua transaksi yang diimpor akan dianggap sudah lunas meskipun belum selesai di TikTok. Jika terjadi pembatalan pada transaksi tersebut, Accurate Online akan menghapusnya dari database saat melakukan impor penjualan dengan file terbaru.
2. ONGKIR & FEE
- Ongkos Kirim e-Commerce: Jika Anda ingin mencantumkan biaya pengiriman dalam Faktur Penjualan di Accurate Online, cukup centang opsi ‘Masukkan Biaya Kurir ke Faktur Penjualan’. Setelah itu, akan muncul kolom pengisian ‘Akun Pendapatan/Tagihan’ untuk memilih akun yang akan menampung biaya ongkos kirim yang dibayarkan oleh pelanggan. Selain itu, akan ada kolom pengisian ‘jika nama kurir TIDAK MENGANDUNG kata’ untuk mencantumkan nama ekspedisi yang tidak ingin dimasukkan dalam Faktur Penjualan. Misalnya, jika Anda mengisi kolom tersebut dengan nama ekspedisi seperti Grab, Go-Jek, dan lainnya, maka setiap transaksi yang menggunakan ekspedisi tersebut tidak akan ditambahkan dalam biaya tambahan di Faktur Penjualan.
- Biaya/Fee Layanan e-Commerce: Terdapat dua pilihan biaya atau fee layanan e-commerce, yaitu berdasarkan persentase dan tambahan biaya per transaksi. Anda dapat memilih untuk mengisi keduanya atau hanya salah satu saja. Selanjutnya, nilai pada Penerimaan Penjualan akan secara otomatis dikurangi dengan biaya atau fee layanan e-commerce tersebut. Harap dicatat bahwa informasi ini tidak akan muncul jika Anda memilih Pembayaran dengan impor dari settlement.
3. LAINNYA
- Gudang Penjualan: Anda dapat memasukkan satu (1) Nama Gudang yang akan digunakan sebagai pemotong stok pada transaksi penjualan yang diimpor melalui e-commerce. Sebagai alternatif, Anda juga bisa memilih opsi ‘Otomatis (Sesuai kecukupan stok gudang)’ sehingga Accurate Online secara otomatis akan memilih Nama Gudang yang memiliki stok tersedia untuk barang yang dijual.
- Penjualan atas Pelanggan: Anda dapat memasukkan satu (1) Nama Pelanggan untuk transaksi yang diimpor melalui e-commerce. Namun, jika Anda ingin nama pelanggan sesuai dengan yang terdaftar di e-commerce, silakan pilih opsi ‘Sesuai pelanggan di e-Commerce. ’
Setelah Anda menyelesaikan pengaturan TikTok di Accurate Online, langkah selanjutnya adalah mengekspor data transaksi penjualan dari Tokopedia dengan klik disini dan melihat panduan di sini untuk melakukan impor data transaksi penjualan dari TikTok ke dalam database Accurate Online.