Pengaturan Lazada di Accurate Online
Untuk melakukan impor transaksi penjualan dari toko online, Anda perlu lakukan yaitu dengan membuat pengaturan lazada di Accurate Online. Berikut adalah informasi mengenai pengaturan Smartlink e-Commerce Lazada:
Terdapat 3 tab Pengaturan Lazada di Accurate Online yaitu:
1. UMUM
- Nama Toko: Silakan pilih nama yang sesuai untuk e-Commerce Anda di Bukalapak, dan isi dengan nama toko pilihan Anda.
- Penjualan atas Cabang: Masukkan nama cabang yang relevan dengan transaksi yang dilakukan. Jika Anda menggunakan fitur Multi Cabang, Anda dapat mengimpor penjualan dari Bukalapak sesuai dengan cabang tempat transaksi tersebut berlangsung.
- Penjualan atas Departemen: Isilah nama departemen yang ingin Anda gunakan untuk memisahkan penjualan berdasarkan e-commerce. Namun, jika pengaturan ini tidak diperlukan, Anda dapat membiarkannya kosong.
- Pembayaran Penjualan: Accurate Online memberikan dua pilihan untuk mencatat transaksi pembayaran penjualan:
- Langsung Terbayar: Di mana saat Anda mengimpor data penjualan dari Shopee, transaksi Pembayaran Penjualan akan dibuat secara otomatis.
- Belum Terbayar (Bayar Dengan Impor Settlement): Di sini, data penjualan yang diimpor tidak akan menghasilkan transaksi Pembayaran Penjualan secara otomatis. Untuk melunasi transaksi jual beli, Anda perlu melakukan Impor Settlement, sesuai pembahasan yang ada dalam panduan. Jika Anda memilih opsi ini, pastikan untuk mengisi akun penampung yang tepat untuk Diskon Tambahan Penjual, Beban Kelebihan/Kekurangan Ongkir, serta Biaya Layanan dan Tambahan Platform.
- Kas/Bank Saldo e-Commerce: Silakan isi dengan akun Kas atau Bank yang digunakan untuk menampung saldo penerimaan dari e-Commerce. Anda juga memiliki pilihan untuk mengosongkan kolom ini, dan Accurate Online akan otomatis membuat akun baru dengan tipe Kas atau Bank.
- Penjualan Kena PPN: Jika harga jual barang atau jasa Anda di Bukalapak sudah termasuk PPN, centang opsi ‘Ya, nilai penjualan sudah termasuk nilai PPN’. Sebaliknya, jangan centang opsi ini jika PPN belum termasuk.
- Impor Penjualan Berstatus: Terdapat dua pilihan status transaksi yang dapat diimpor ke dalam database Accurate Online:
- Selesai: Hanya transaksi penjualan yang statusnya selesai di Bukalapak saja yang akan diimpor.
- Semua Status: Seluruh transaksi, baik yang sedang dalam proses/pengiriman maupun yang telah selesai, akan diimpor ke dalam database Accurate Online. Harap dicatat, jika Anda memilih ‘Semua Status’, semua transaksi yang diimpor akan dianggap telah lunas dan akan dibuatkan Penerimaan Penjualannya, meskipun transaksi tersebut belum sepenuhnya selesai di Shopee. Apabila terjadi pembatalan pada transaksi tersebut, Accurate Online akan menghapus data terkait dari database saat pengimporan penjualan dengan file terbaru.
2. ONGKIR & FEE
- Ongkos Kirim e-Commerce: Jika Anda ingin menambahkan biaya pengiriman pada transaksi dalam Faktur Penjualan di Accurate Online, silakan centang opsi ‘Masukkan Biaya Kurir ke Faktur Penjualan’. Setelah itu, akan muncul kolom untuk mengisi ‘Akun Pendapatan/Tagihan’ yang berfungsi sebagai tempat mencatat biaya ongkos kirim yang dibayarkan oleh pelanggan. Selain itu, akan tersedia kolom ‘jika nama kurir TIDAK MENGANDUNG kata’ untuk mengisi nama ekspedisi yang tidak termasuk dalam Faktur Penjualan. Sebagai contoh, pada gambar di atas, jika Anda mengisi nama ekspedisi seperti Grab, Go-Jek, dan lainnya dalam kolom tersebut, maka transaksi pengiriman yang menggunakan ekspedisi ini tidak akan dihitung sebagai biaya tambahan dalam Faktur Penjualan.
- Biaya/Fee Layanan e-Commerce: Terdapat 2 pilihan untuk biaya/fee layanan e-commerce, yaitu berdasarkan persentase biaya/fee dan tambahan biaya/fee per transaksi. Anda dapat mengisi salah satu dari kedua pilihan tersebut atau keduanya, dan nilai pada Penerimaan Penjualan akan secara otomatis dikurangi dengan biaya/fee layanan e-commerce yang telah Anda tentukan.
3. LAINNYA
- Gudang Penjualan: Anda dapat memasukkan 1 nama gudang yang akan digunakan sebagai pemotong stok untuk transaksi penjualan yang diimpor dari e-commerce. Alternatifnya, Anda juga dapat memilih opsi ‘Otomatis (Sesuai kecukupan stok gudang)’, di mana Accurate Online akan secara otomatis memilih nama gudang yang memiliki stok tersedia untuk barang yang dijual.
- Penjualan atas Pelanggan: Anda memiliki pilihan untuk mengisi 1 nama pelanggan untuk transaksi yang diimpor dari e-commerce. Namun, jika Anda ingin nama pelanggan yang sesuai dengan nama di platform e-commerce, silakan pilih opsi ‘Sesuai pelanggan di e-Commerce’.
Setelah Anda mengikuti pengaturan Lazada di Accurate Online, langkah berikutnya adalah mengekspor data transaksi penjualan dari Lazada. Anda dapat mengikuti prosedur yang terdapat di sini dan melihat panduan di sini untuk melakukan impor data transaksi penjualan dari Lazada ke database Accurate Online.