Pengaturan Shopee di Accurate Online
Accurate menyediakan fitur Smartlink e-Commerce yang memungkinkan integrasi dengan toko online. Berikut adalah informasi mengenai pengaturan Shopee di Accurate Online. Anda dapat melakukan login ke database dan untuk pengaturannya masuk ke menu Penjualan – Smartlink e-Commerce
Berikut Tab Smartlink e-Commerce untuk pengaturan Shopee di Accurate Online:
1. Umum
- Nama Toko: Pilih nama untuk e-Commerce Anda yang sesuai dengan shopee dan isikan nama toko Anda.
- Penjualan atas Cabang: Masukkan nama cabang yang relevan dengan transaksi. Jika Anda menggunakan fitur Multi Cabang, Anda dapat mengimpor penjualan dari Shopee sesuai dengan cabang tempat transaksi tersebut dilakukan.
- Penjualan atas Departemen: Isikan nama departemen yang sesuai jika Anda ingin memisahkan penjualan berdasarkan e-commerce. Namun, jika Anda tidak memerlukan pengaturan ini, Anda bisa membiarkannya kosong.
- Pembayaran Penjualan: Accurate Online menawarkan 2 pilihan untuk membuat transaksi pembayaran penjualan.
- Langsung Terbayar : di mana saat Anda mengimpor data penjualan dari Shopee, transaksi Pembayaran Penjualan akan otomatis dibuat.
- Belum Terbayar (Bayar Dengan Impor Settlement): di mana data penjualan yang diimpor tidak secara otomatis menghasilkan transaksi Pembayaran Penjualan. Untuk melakukan pelunasan atas transaksi penjualan tersebut, Anda perlu melakukan Impor Settlement, sebagaimana dijelaskan dalam panduan di sini. Selain itu, jika Anda memilih opsi ini, pastikan untuk mengisi akun penampung yang sesuai untuk Diskon Tambahan Penjual, Beban Kelebihan/Kekurangan Ongkir, serta Biaya Layanan dan Tambahan Platform.
- Kas/Bank Saldo e-Commerce: Silakan isi dengan akun Kas atau Bank yang akan digunakan untuk menampung saldo penerimaan dari e-Commerce. Anda juga dapat memilih untuk mengosongkan pilihan ini, dan Accurate Online akan otomatis membuatkan akun baru dengan tipe Kas atau Bank.
- Penjualan Kena PPN: Jika harga jual barang atau jasa Anda di Shopee sudah termasuk PPN, centang opsi ‘Ya, nilai penjualan sudah termasuk nilai PPN’. Sebaliknya, jangan centang opsi ini jika tidak.
- Impor Penjualan Berstatus: Terdapat 2 pilihan transaksi yang bisa diimpor ke dalam database Accurate Online, yaitu
- Selesai : maka hanya transaksi penjualan yang statusnya selesai di Shopee yang akan diimpor.
- Semua Status : semua transaksi (baik yang sedang dalam proses/pengiriman maupun yang telah selesai) akan diimpor ke dalam database Accurate Online. Perlu di ingat, saat memilih ‘Semua Status’, semua transaksi yang diimpor akan dianggap telah lunas dan akan dibuatkan Penerimaan Penjualannya, meskipun transaksi tersebut belum selesai di Shopee. Jika terjadi pembatalan atas transaksi tersebut, Accurate Online akan menghapus data yang bersangkutan dari database saat dilakukan impor penjualan dengan file terbaru.
2. ONGKIR & FEE
- Ongkos Kirim e-Commerce: Jika Anda ingin menambahkan nilai biaya pengiriman ke dalam Faktur Penjualan di Accurate Online, silakan centang opsi ‘Masukkan Biaya Kurir ke Faktur Penjualan’. Setelah itu, akan muncul kolom untuk mengisi ‘Akun Pendapatan/Tagihan’ di mana Anda dapat memilih akun yang akan menampung biaya ongkos kirim yang dibayarkan oleh pelanggan. Selain itu, juga tersedia kolom untuk mengisi ‘jika nama kurir TIDAK MENGANDUNG kata’, di mana Anda dapat mencantumkan nama ekspedisi yang tidak akan dimasukkan dalam Faktur Penjualan. Misalnya, jika Anda mengisi nama ekspedisi seperti Grab, Go-Jek, dan lain-lain pada kolom tersebut, maka biaya pengiriman dari ekspedisi yang tercantum tidak akan dihitung sebagai biaya tambahan dalam Faktur Penjualan.
Catatan: Jika Anda memilih opsi Pembayaran Penjualan dengan status Belum Terbayar (Bayar dengan Impor Settlement), maka tampilan pengaturan shopee di Accurate Online dari tab Ongkir dan Fee hanya akan menampilkan Ongkos Kirim saja, karena Biaya Layanan sudah termasuk saat Anda melakukan Impor Settlement dari Shopee. Namun, jika Anda memilih opsi ‘Langsung Terbayar’, maka pengaturan pada tab Ongkir dan Fee akan sama dengan pengaturan e-Commerce lainnya.
3. LAINNYA
- Gudang Penjualan: Anda dapat mengisi satu nama gudang yang akan selalu digunakan sebagai pemotong stok untuk transaksi penjualan yang diimpor melalui e-commerce. Alternatifnya, Anda bisa memilih opsi ‘Otomatis (Sesuai kecukupan stok gudang)’ sehingga Accurate Online akan secara otomatis memilih nama gudang yang memiliki stok tersedia untuk barang yang dijual.
- Penjualan atas Pelanggan: Anda juga dapat mengisikan satu nama pelanggan untuk transaksi yang diimpor melalui e-commerce. Jika Anda ingin nama pelanggan sesuai dengan yang terdaftar di platform e-commerce, pilihlah opsi ‘Sesuai pelanggan di e-Commerce’.
Setelah menyelesaikan pengaturan shopee di Accurate Online, Anda dapat melakukan cara untuk mengekspor data transaksi penjualan dari Shopee. Anda dapat melakukannya dengan mengikuti petunjuk dengan klik disini, serta melihat panduan untuk mengimpor data transaksi penjualan dari Shopee ke dalam database Accurate Online.