Apa fungsi dari Klaim Pelanggan?
Klaim pelanggan adalah fitur yang disediakan oleh Accurate Online untuk melakukan input penukaran barang dari pelanggan yang masih mendapatkan masa garansi suatu produk. Melakukan penginputan di formulir Klaim Pelanggan seperti melakukan proses pindah barang yaitu ada proses terima barang dan kirim barang.
Kami akan menjelaskan 2 fungsi dari klaim :
a. Menerima Klaim Pelanggan.
b Memberikan Klaim Pelanggan.
Berikut cara menerima dan memberikan klaim pelanggan Accurate Online
A. Untuk melakukan input menerima klaim, Anda dapat mengikuti langkah-langkah ini dan berikut cara menginput (menerima) klaim pelanggan :
1. Anda perlu mengaktifkan fitur Klaim dari menu Pengaturan | Preferensi | Fitur, selanjutnya dapat Anda centang informasi ‘Klaim Pelanggan’.
2. Isi akun penampung sebagai akun selisih klaim pelanggan dan akun persediaan, dari menu Preferensi | Akun Perkiraan.
3. Setelah itu masuk ke menu Penjualan kemudian pilih Klaim Pelanggan.
4. Selanjunya melakukan input untuk menerima klaim Pelanggan pilih nama yang ingin di klaim. Untuk informasi pelanggan akan otomatis terpilih ‘Terima Barang’.
5. Pilih nama barang yang akan diretur (klaim) oleh pelanggan kemudian isikan jumlah kuantitas barang yang diklaim dan nama gudang untuk menyimpan barang yang dikembalikan.
6. Klik ‘Lanjut’ untuk meneruskan dan simpan transaksi.
7. Maka untuk laporan atas transaksi terima klaim pelanggan seperti ini :
B. Melakukan input untuk memberikan klaim pelanggan
Anda dapat mengikuti langkah-langkah ini untuk memberikan barang pengganti dari klaim pelanggan :
1. Silahkan masuk ke menu Penjualan | Klaim Pelanggan.
2. Untuk membuat formulir, pilihlah tipe Klaim dengan ‘Kirim Barang’ dan otomatis akan tampil box untuk memilih nomor Klaim Pelanggan yang telah diinput.
2. Anda dapat memilih nomor klaim pelanggan yang dituju (sesuai dengan bukti klaim pelanggan yang diberikan ke pelanggan) dan akan tampil informasi barang dan jumlah kts barang yang diklaim. Klik ‘Lanjut’.
3. Selanjutnya isi nama dan jumlah barang, maka barang akan otomatis menarik atas gudang yang sebelumnya diinput pada klaim penerimaan barang.
4. Anda dapat mengubahnya, silahkan klik 2x pada barang yang dimaksud dan lakukan pengubahan pada box detail barang.
4. Klik Lanjut dan Jurnal yang terbentuk atas transaksi tersebut adalah sebagai berikut dibawah ini.
Demikian informasi mengenai menerima dan memberikan klaim pelanggan Accurate Online, semoga bermanfaat.