Mengembalikan pembayaran dari customer atas invoice yang sudah dilunasi tetapi terjadi retur Penjualan dan seringkali jika Anda bertindak sebagai Penjual, adakalanya Faktur Penjualan yang telah dilunasi, ada sebagian atau semua barang yang diretur. Kemudian dari pihak Customer, ingin meminta uang tersebut dikembalikan. 

Berikut cara input mengembalikan pembayaran dari customer atas invoice yang sudah dilunasi :

1. Jika, proses retur terjadi setelah pelunasan, maka akan tampil nilai Owing dengan tanda MINUS di Sales Receipt atas nama Customer tsb, seperti gambar di bawah ini.

Mengembalikan pembayaran dari customer atas invoice

 

2. Awalnya kondisi Owing minus tsb diawali dari kondisi Penjualan — Penerimaan Penjualan — Retur Penjualan, seperti urutan gambar di bawah ini.

Mengembalikan pembayaran dari customer atas invoice

 

Lalu

Mengembalikan pembayaran dari customer atas invoice

 

Kemudian

Mengembalikan pembayaran dari customer atas invoice

 

3. Jika kemudian Customer ingin meminta uang kembali dari Anda (Penjual), maka lakukan proses Sales Receipt dari menu Activities | Sales | Sales Receipt dan centang faktur yang Owingnya MINUS, seperti pada contoh gambar di bawah ini.

Mengembalikan pembayaran dari customer atas invoice

 

Jika sudah selesai, klik save sehingga nilai kas atau bank Anda akan berkurang sebagai tanda pengembalian dana dari retur penjualan tersebut.

Catatan : Langkah ini bisa dilakukan juga untuk pengembalian dana dari vendor akibat Retur Pembelian, hanya bedanya dilakukan di modul Purchase / Pembelian.