Untuk mengerjakan proyek seperti pembangunan gedung atau pembangunan jembatan dengan menggunakan alat berat seperti Dozer, Excavator ataupun Truk. Dimana alat tersebut dicatat sebagai fix asset yang di susutkan setiap bulannya secara otomatis setelah melakukan Period End di Accurate, bila ingin membuat nilai penyusutan dari setiap alat ini dapat dialokasikan untuk menambah COGS Proyek yang sedang dikerjakan, maka langkah langkahnya adalah sebagai berikut :
1. Buatlah Item dengan type Non Persediaan (Non Inventory Part) dari menu List | Item, klik New.
2. Silahkan pilig Type Item dengan “Non Inventory Part” dan isi No Item dan Nama Item seperti gambar dibawah ini.
3. Lalu pada bagian tab GL Accounts setting semua akun ke dalam akun “Proyek Dalam Proses”, klik Ok.
4. Bila ada konfirmasi pada gambar dibawah, pilih Ok.
5. Selanjutnya pembuatan purchase invoice dari Menu Aktivitas | Purchase | Purchase Invoice
6. Asumsi untuk proyek yang di kerjakan dalam waktu sebulan dan untuk nilai penyusutan alat berat tiap bulan maka senilai 1 jt lalu penginputannya seperti ini :
– Pilihlah nama Vendor contoh kita buat nama nya “Vendor Proyek”
– Isi item ini dengan memilih item “Item Proyek” yang telah di buatkan sebelumnya,
– Kemudian Qty isi 1 dengan Unit Price 1 jt (sebesar nilai penyusutan yang mau di alokasikan ke Proyek).
– Kolom Project pilih dengan Project Contractor yang dimaksud.
7. Kemudian pada bagian tab Expense silahkan pilih akun “Biaya Penyusutan” dari Fixed Asset tersebut, lalu isi Amount minus 1 jt (-1.000.000). Jika semua informasinya sudah di isi klik Save and Close.
8. Hasil dari transaksi ini akan menambah saldo account Proyek Dalam Proses untuk proyek yang dipilih. Hasil jurnal seperti di tampilan gambar ini :