Software Accurate menyediakan fitur aktiva tetap, jika Anda membuat baru aktiva tetap dengan metode pembayaran secara di ansur atau dengan cara mencatat cicilan fixed asset. Maka Anda dapat ikut langkah-langkah mencatat cicilan aktiva tetap dengan pembayaran dicicil sbb.
1. Buat Account baru dari List | Chart Of Account dengan nama akun “Fixed Asset Transaction” (nama bisa diganti sesuai kebutuhan Anda) , dengan tipe akunnya “Other Current Asset”
2. Buat Item baru dari List | Item dengan nama “Fixed Asset Transaction” (nama bisa diganti sesuai kebutuhan Anda), dan seluruh default account dialokasikan ke account “Fixed Asset Transaction” yang dibuat sebelumnya (point 1)
BACA JUGA : Membuat Baru Aktiva Tetap
3. Untuk pembelian item Fixed Assetnya, buat Purchase Invoice dan pilih itemnya “Fixed Asset Transaction” yang sudah dibuat tadi (Point 2). Jika ada DP, buat Purchase Order dahulu, setelah itu masukkan DP-nya dan kemudian buat PI dengan select PO.
4. Buat Fixed Asset dari Activities | New Fixed Asset, pada tab Expenditure pilih account “Fixed Asset Transaction” dan isikan dengan Nilai Perolehan, bukan nilai cicilan/bln.
5. Fixed Asset tersebut akan masuk dengan nilai perolehannya dan tidak berhubungan lagi dengan cicilan pembelian Fixed Asset, sehingga pada saat perhitungan akumulasi penyusutan tetap dihitung sesuai dengan nilai perolehannya.
Untuk pembayaran cicilan setiap bulannya dapat dilakukan melalui Activities | Vendor Payment, dan jika terdapat DP maka DP dapat digunakan melalui fungsi settlement.